Advertisement here

Add third-party functionality or other code to your blog.

Friday 19 June 2015

Reog Ponorogo

0

Reog merupakan kesenian asli warisan leluhur Indonesia yang berasal dari ponorogo jawa timur. Kesenian reog ponorogo sampai sekarang masih aktif dan dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara . reog ponorogo yang kita kenal identic dengan kekuatan dunia hitam serta dunia mistis ketimuran dan kekuatan supranatural.

Deskripsi

Salah satu pertunjukan yang ada pada reog yakni mempertontonkan keperkasaan pembarong dalam mengangkat dadak merak seberat 50 KG yang digigit sepanjang pertunjukan berlangsung. Tidak hanya itu, seni reog ponorogo diiringi oleh beberapa gamelan seperti kempul, ketipung, angklung dan lain sebagainya.

Didalam reog ponorogo juga ada warok tua, sejumlah warok muda, pembarong dan prabu klono suwandono. Jumlah anggota reog ponorogo sekitar 20 hingga 30an orang. Sedangkan peran utama ada di warok dan pembarongnya.

Reog ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian. 2 hingga 3 tarian pembukaan. Tarian pertama biasanya dibawakan 6 hingga 8 pria berani dengan pakaian serba hitam dengan muka dipoles warna merah. Para menari ini menggambarkan sesosol singa yang berani.

Berikutnya adalah tarian yang dibawakan 6 hingga 8 gadis yang menaiki kuda. Pada reog tradisional penari ini biasanya diperankan oleh laki laki yang berpakaian wanita. Tarian ini dinamakan tari jaran gepang. Setelah tarian pembukaan selesai barulah ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi dimana reog ponorogo ditampilkan.

Adegan terakhir adalah singo barong. Dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dan mahkota yang terbuat dari bulu merak dengan berat mencapai 50 hingga 60 KG. topeng yang berat ini dibawakan oleh penarinya dengan menggigit. Reog ponorogo ini sering dijadikan pertunjukan dalam event kenegaraan. Bahkan ponorogo telah menggelar beberapa festival reog yang menarik banyak wisatawan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting