Advertisement here

Add third-party functionality or other code to your blog.

Friday 19 June 2015

Tari Jaipong

0

Jaipongan adalah tari yang terlahir dari kreativitas seniman asal bandung yang bernama gugum gumbira, ia terinspirasi dari kesenian rakyat yang salah satunya adalah kethuk tilu. Kethuk tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul pola pola gerak tari tradisional yang ada pada kliningan atau bajidoran. Sehingga dia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan.

Deskripsi

Di subang, jaipongan gaya kaleran memiliki ciri khas yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan. Hal itu tercermin dari pola penyajian tari pada pertunjukannya. Ada yang diberi pola atau ibing seperti pada seni jaipongan yang ada di bandung, ada pula tarian yang tidak dipola atau ibing saka.

Tari jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas jawa barat. Tarian ini terlihat pada acara – acara penting kedatangan tamu tamu dari Negara asing yang datang ke jawa barat. Meski tarian ini tergolong dalam golongan tarian yang masih berusia muda, tapi tarian ini sudah dapat menjadi tarian resmi jawa barat.

Jaipong sudah dikenal di mancanegara sebagai tarian pergaulan. Gerakannya yang lincah dan atraktif membuat tarian ini banyak disukai. Inilah yang harus kita teruskan lagi dari kesenian yang ada di Indonesia. jangan sampai kita melupakan seni yang ada di Negara kita hanya karena adanya pengaruh budaya asing.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting